Ucapan Salam dan Ungkapan Sehari Hari Di Jepang

Ucapan Salam  dan Ungkapan Sehari Hari Di Jepang


Salam atau Aisatsu adalah ucapan salam atau selamat untuk penghormatan kepada orang lain ataupun ucapan sebelum/sesudah melakukan kegiatan. di Jepang pun memiliki beberapa ucapan salam yang sering digunakan. Berikut adalah ucapan salam atau ungkapan yang sering digunakan oleh orang jepang :
Ket :
A = Pengucap Salam
B = Penjawab Salam

1.    Ohayou Gozaimasu  (Selamat  pagi)
A : Ohayou Gozaimasu (おはようございます)
B : Ohayou Gozaimasu (おはようございます)
Diucapkan di pagi hari kira kira sebelum jam 10 pagi. Pada  teman dekat sering hanya mengucapkan dengan Ohayo (おはよう), terkadang diucapkan pada siang bahkan sore hari ketika memberi salam pada orang yg tiba lebih dulu  (di sekolah atau di perusahaan) meskipun sangat jarang dilakukan.

2.    Konnichiwa (Selamat siang / apa kabar?)
A : Konnichiwa (こんにちは)
B : Konnichiwa (こんにちは)
Dipergunakan antara jam 10 pagi sampai menjelang malam. Dalam konteks tertentu Konnichiwa (こんにちは) bisa berarti “ apa kabar?”, “hari ini cerah ya”
Konnichiwa tak ditulis dengan Konnichiha, walaupun secara tulisan hiragana ditulis dengan huruf HA. Mengapa? Karena Konnichiwa merupakan bentuk singkat dari salam orang Jepang dimasa lalu yang lengkapnya berbunyi
Konnichi wa ii hi desu ne
こんにちは良い日ですね
arti: hari ini hari yang baik yah…
Dengan demikian, pengucapan WA dalam Konnichiwa sebenarnya merupakan partikel HA yang diucapkan menjadi WA. Jika ditulis dengan romaji memang terlihat tak salah, tapi jika ditulis dengan huruf kana tentunya langsung terlihat kesalahannya.

3.    Konbanwa (Selamat Malam)
A : Konbanwa (こんばんは)
B : Konbanwa (こんばんは)
Biasa diucapkan setelah jam 5 sore
4.    Oyasumi nasai (Selamat Malam / Selamat Tidur)
A : Oyasumi nasai (お休みなさい)
B : Oyasumi nasai (お休みなさい)
Diucapkan di malam hari dan kondisi mau beristirahat. Bisa berfungsi sebagai ungkapan perpisahan pada malam hari atau penutup pembicaraan ketika menelpon.

5.    Shitsurei Shimasu  (Maaf/ permisi)
A : Shitsurei Shimasu (失礼 します)
B : Hai, doozo (はい どうぞ)
Ungkapan ini berdasarkan situasinya akan mengalami perubahan arti. Namun tetap memiliki satu makna yaitu ‘maaf’. Sebagai contoh, orang sering mengucapkan ungkapan ini ketika akan memasuki sebuah ruangan, ketika meninggalkan ruangan, atau ketika meminta seseorang untuk memberi jalan. Arti dalam bahasa Indonesia yang lain bisa diterjemahkan sebagai ‘boleh saya masuk?’, ‘saya harus pergi’ dan ‘permisi, boleh lewat?’. Apabila diubah menjadi menjadi bentuk lampau shitsurei shimashita berarti merupakan ungkapan permintaan maaf secara terus terang akibat suatu kesalahan yang telah diperbuat di masa lampau

6.    Itte kimasu/Itte mairimasu  (Aku berangkat (dan tentu akan kembali lagi)
A : Ittekimasu / Itte Mairimasu  (行ってきます)
B : Itte Irasshai (行っていらっしゃい) Nanti kembali lagi yaa../Lekas pulang ya.. (selamat jalan)
Ittekimasu diucapkan oleh seseorang pada saat ia meninggalkan rumah atau tempat kerja untuk melakukan perjalanan bisnis.
 Itte Irasshai diucapkan kepada seseorang yang akan bepergian dan sudah
Dipastikan akan kembali lagi. Bisanya ungkapan ini diucapkan oleh seorang ibu pada anaknya yang akan berangkat sekolah, atau juga ketika sang isteri mengiring suaminya yang akan berangkat bekerja.

7.    Tadaima (Aku Pulang)
A : Tadaima (ただいま)
B : Okaeri nasai (お帰りなさい)
Tadaiman diucapkan seorang anggota keluarga pada saat ia kembali ke rumah.
Okaeri nasai diucapkan seseorang untuk menyambut anggota keluarganya yanag sudah kembali ke rumah. Biasanya, ungkapan ini bisa diperpendek dengan hanya okaeri

8.    Ogenki desu ka? (apa kabar ?)
A  :  O genki desu ka? (お元気ですか)
B  : Genki desu. (元気です)
Diucapkan ketika seseorang menanyakan kabar kepada lawan bicara. "O genki desu ka?" bisa juga berarti "Bagaimana kabar mu". Dan jika seseorang menjawab dengan kata "genki desu" atau "genki" saja, maka dia sedang dalam keadaan sehat.

9.    Arigatou Gozaimasu (Terima kasih)
A : Arigatou Gozaimasu (ありがとうございます)
B : Dou ita Shima Shite (どういたしまして)
Kata ini diucapkan untuk menyatakan terima kasih kepada seseorang. Kata "Arigatou Gozaimasu" bisa berarti "Terima Kasih", dan "Dou ita Shima Shite" bisa berarti "Sama-sama"

10.    Sumimasen/ suimasen (Maaf)
A.    Sumimasen/ suimasen  (すみません) (すいません)
B.     Iie, Daijoubu  (いいえ~ 大丈夫)
Diucapkan ketika kita merasa telah atau akan mengganggu seseorang, menyela pembicaraan sesorang dan sering juga diucapkan ketika memanggil pelayan toko atau restoran.

11.    Gomen Nasai (Maaf)
A : Gomen Nasai (ごめんなさい)
B : iie, Daijoubu  (いいえ~ 大丈夫)
Ucapan ini digunakan untuk meminta maaf karena telah melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Gomen nasai artinya "Saya minta maaf", sedangkan jawabannya yang berbunyi "Daijoubu" bisa juga diartikan "tidak apa-apa" atau "OK"

12.    Otsukare Sama deshita
A : Otsukare Sama deshita (お疲れ様でした)
B : Otsukare sama deshita (お疲れでした)
Kata ini diucapkan ketika selesai melakukan pekerjaan. Hal ini ditujukan untuk menghormati kerja keras rekan kita. Bisa juga ucapan berterima kasih karena sudah bekerja bersungguh-sungguh secara bersama-sama.

13.    Itadakimasu
A : Itadakimasu (いただきます)
B : Itadakimasu (いただきます)
Diucapkan ketika hendak mau makan. Ketika dijamu/ ditraktir seseorang ini berarti  “ Terima kasih atas hidangannya” atau terimakasih atas traktirannya”

14.    Kanpai
A : Kanpai (乾杯)
B : Kanpai (乾杯)
Diucapkan ketika mau minum. Biasanya hal ini dilakukan bersama-sama, jika di bahasa Indonesia kan bisa berarti "Bersulang"

15.    Youkoso Selamat datang
Yokoso よこそ)Diucapkan pada saat kita menyambut tamu.

16.    Ki wo tsukete ( Hati-hati, jaga dirimu)
Ki wo tsukete  (きをSつSけて)Ungkapan bersahabat ini sering digunakan untuk memberi salam kepada seseorang untuk berhati-hati, tidak sakit, celaka dan yang lainnya

17.    Ogenki de Sehat selalu
Ogenki de (お元気で)Ungkapan ini biasanya dipergunakan untuk mengakhiri isi surat.

18.    Omedetou gozaimasu Selamat ya..
Omedetou gozaimasu  (おめでとうございます)Ungkapan ini diucapkan untuk memberi selamat pada seseorang. Contohnya: Tanjoubi omedetou gozaimasu (selamat ulang tahun).

19.    Hajimemashite ( Salam kenal)
Hajimemashite(始めまして)Diucapkan pada awal perkenalan dengan seseorang. Ungkapan ini mempunyai makna ‘saya bertemu dengan anda untuk yang pertama kalinya’.

20.    Douzo yoroshiku  (Senang berkenalan dengan anda)
Douzo yoroshiku  (どうぞよろしく)Salam ini diucapkan setelah menyebutkan nama kita. Ungkapan ini mempunyai makna ‘terimalah perkenalan saya dengan baik’ 

21.    Kochira koso ( Sama-sama, begitu juga dengan saya)
Kochira koso  (こちらこそ)Merupakan jawaban balasan dalam perkenalan dari si lawan bicara.

22.    Onegai shimasu  ( Tolong)
Onegai shimasu (お願いします) Dalam perkenalan awal seseorang yang membubuhi dengan ucapan ini maka dapat berarti ‘saya mohon bimbingannya.’

23.    Moshi-moshi ( Halo)
Moshi moshi(もしもし)Biasanya diucapkan sebagai pembuka percakapan ketika seseorang di telpon.


tag : salam , sapaan, ungkapan sehari hari bahasa jepang, 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ucapan Salam dan Ungkapan Sehari Hari Di Jepang"